KKPNews, Belawan – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) membuka gerai perizinan kapal penangkap ikan hasil pengukuran ulang (selanjutnya disebut dengan GERAI) di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan, Sumatera Utara tanggal 9-13 Mei 2016 lalu.

Selama lima hari beroperasi, Tim GERAI dari Direktorat Pengendalian Penangkapan Ikan, DJPT KKP bersama Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan telah berhasil mengumpulkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 3 Miliar, terdiri dari Pungutan Pengusahaan Perikanan (PPP) Rp 40.054.000,- dan Pungutan Hasil Perikanan (PHP) Rp 2.973.410.100,-.

Hingga saat ini, GERAI di PPS Belawan telah melayani penerbitan 11 Surat Izin Usaha Penangkapan Ikan (SIUP), 30 Buku Kapal Perikanan, dan 30 Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

Operasionalisasi GERAI merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 11/PERMEN-KP/2016 tentang Standar Pelayanan Minimum Gerai Perizinan Kapal Penangkap Ikan Hasil Pengukuran Ulang.

Gerasi di PPS Belawan merupakan lokasi kedua setelah dibuka di PPS Kendari tanggal 19-22 April 2016 lalu. Tujuan dibukanya GERAI adalah untuk mempercepat proses perizinan dan mendekatkan pelayanan di lokasi pemilik kapal. Keseluruhan proses perizinan ini juga efektif karena dilaksanakan secara terpadu.

Pembukaan GERAI di PPS Kendari dan PPS Belawan membuktikan bahwa GERAI sangat bermanfaat dalam memberikan pelayanan perizinan yang cepat, mudah, dan terjangkau.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Narmoko Prasmadji mengungkapkan bahwa pembukaan GERAI adalah sebagai upaya penataan ukuran kapal penangkap ikan dalam rangka penyelamatan dan pengelolaan sumber daya alam sektor perikanan. Untuk itu, selanjutnya GERAI akan dibuka di berbagai PPS yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Selanjutnya, DJPT kembali mengundang seluruh stakeholders untuk gerai berikutnya di PPS Bitung Sulawesi Utara, PPS Nizam Zachman Jakarta, PPN Sibolga, dan pelabuhan serta provinsi lainnya,” ungkap Narmoko.

Sumber : http://kkp.go.id/index.php/berita/buka-selama-lima-hari-gerai-pps-belawan-hasilkan-pnbp-rp-3-miliar/

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>